THE WORLD ABOUT SITE: Mandi Air Dingin Kurangi Nyeri Otot Usai Olahraga

Hello, My name is Isna Chusnia Zunaidi call me Nia and I do awesome Blogger And WordPress themes. You can visit and download here my free wordpress themes, this is a text widget and could be edited edit html tab

Mandi Air Dingin Kurangi Nyeri Otot Usai Olahraga


TEMPO.CO, Jakarta - Mandi dengan air dingin dapat mengurangi nyeri otot usai berolahraga. Meski demikian, belum diketahui jelas apakah ada efek samping dengan kebiasaan itu.



Penggunaan air dingin atau es semakin populer di kalangan atlet profesional maupun amatir sebagai cara mengurangi peradangan otot yang dapat menyebabkan kekakuan, pembengkakan, dan nyeri satu hari atau lebih setelah latihan. Dalam studi ini, peneliti meninjau secara klinis 17 uji coba mandi dengan air dingin dengan melibatkan 366 orang.

Dalam uji coba yang membandingkan apakah mandi dengan air dingin mengistirahatkan otot atau tidak, ternyata mandi dengan air dingin diasosiasikan dengan penurunan signifikan nyeri otot satu sampai empat hari setelah latihan.

Dalam kebanyakan uji coba tersebut, partisipan menghabiskan lima sampai 24 menit dalam air bersuhu 50-59 derajat Fahrenheit. Namun, dalam beberapa kasus, partisipan diminta untuk masuk dan keluar dari air pada waktu yang ditentukan.

"Kami menemukan beberapa bukti bahwa pencelupan diri pada air dingin setelah olahraga dapat mengurangi rasa nyeri otot, tapi (ini) hanya dibandingkan dengan merehatkan otot atau tidak. Beberapa peringatan di sekitar hasil ini dianjurkan sebab orang yang mengambil bagian dalam uji coba ini diketahui dengan pengobatan yang mereka terima. Ada beberapa manfaat yang dilaporkan, mungkin karena respons placebo," kata Chris Bleakley dari Departemen Ilmu Kesehatan dan Rehabilitasi University of Ulster, Irlandia, dalam rilis berita.

Penelitian itu sendiri dipublikasikan pada jurnal The Cochrane Library. "Mungkin ada cara terbaik untuk mengurangi rasa nyeri, seperti berendam di air hangat, joging ringan, atau menggunakan stocking kompresi. Tapi kami saat ini tidak punya data untuk mencapai kesimpulan apapun tentang pengaruhnya," kata Chris. Kebanyakan studi memang gagal melaporkan bahaya efek samping. Ini menyebabkan kurangnya informasi tentang risiko potensial dari berendam dengan air dingin.

Leave a Reply

Leave at Comment to Tania Site

Angry Birds -  Red Bird